PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERGAMBAR BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENULIS CERPEN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM AL-AZHAR 32 PADANG

Penulis

  • Syafri Anggel Putra, Yetty Morelent .

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan perangkat
pembelajaran bahasa Indonesia berbasis multimedia yang valid, praktis, dan efektif pada materi
menulis teks cerpen siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 32 Padang. Teori yang digunakan
adalah: teori menulis yang dikemukakan oleh Dalman (2015), teori teks cerpen yang dikemukakan
oleh Nurhadi (2016), perangkat pembelajaran yang dikemukakan oleh Trianto (2012), dan teori
multimedia yang dikemukakan oleh Salomon (2011). Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri atas 4 tahap, yaitu tahap
pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran
(disseminate).Perangkat pembelajaran berbasis multimedia divalidasi oleh para ahli. Kepraktisan
perangkat pembelajaran dilihat melalui hasil respon guru dan siswa serta analisis observasi
pelaksanaan. Diharapkan guru menggunakan Perangkat Pembelajaran Berbasis Multimedia pada
Materi Menulis Teks cerpen agar meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa, serta
mengembangkan media ini dengan materi yang berbeda. Ketiga, hendaknya siswa menggunakan
Perangkat Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Materi Menulis Teks cerpen dengan baik dan
mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam multimedia ini. Selain itu, multimedia merupakan cara
untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi dan memudahkan siswa mengingatnya
kembali pada saat ujian, ulangan atau mengerjakan latihan.
Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Menulis Teks Cerpen, Multimedia

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-03-31