PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI PIKIR PLUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI I SITIUNG

Penulis

  • Suratni, Yetty Morolent .

Abstrak

Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis siswa kelas VIII
F SMP Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya dalam menulis puisi. Hal ini disebabkan oleh
pembelajaran menulis puisi yang belum terlaksana dengan baik sehingga siswa kelas VIII F mengalami
kesulitan ketika diminta menulis puisi. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran dan media
pembelajaran yang menyenangkan dan tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan strategi Pikir
Plus dan media gambar peristiwa yang terdapat dalam surat kabar dalam pembelajaran menulis puisi siswa
kelas VIII F SMP Negeri 1 Sitiung. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri atas
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya proses
pembelajaran, peningkatan, dan perubahan perilaku ke arah yang positif.
Kata kunci: keterampilan menulis puisi, strategi, media

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-03-31