PENGARUH PENAMBAHAN FERMENTASI TEPUNG DAUN SINGKONG (Manihot utilisima) DAN DEDAK HALUS DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN EFISIENSI IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Authors

  • Syifa Maysarah Diar Universitas Bung Hatta
  • Muhamad Amri Universitas Bung Hatta
  • Usman Bulanin Universitas Bung Hatta

Keywords:

Ikan Nila, Tepung Daun Singkong, Pertumbuhan, FCR, FER, Kelangsungan Hidup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menurunkan kandungan serat kasar tepung daun singkong sehingga mudah dicerna oleh ikan nila (Oreochromis niloticus) dan dapat meningkatkan pertumbuhan dan untuk meningkatkan kandungan protein pada tepung daun singkong. Metode yang dipakai adalah metode eksperimen yang dicobakan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL).Dari hasil penelitian didapatkan bahwa penambahan fermentasi tepung daun singkong tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan berat dan panjang mutlak, LPS, FCR dan FER ikan nila (P>0,05) Tetapi berpengaruh nyata terhadap kelangsungan hidup ikan nila (P<0,005).

References

Santoso & Aryani., 2007. Perubahan komposisi Kimia Daun Ubi Kayu Yang Difermentasi Oleh EM4. Jurnal Sains Peternakan Indonesia. Vol. 2(2).

Sudaryanto, B., (1986). Daun Singkong Sebagai Sumber Pakan Ternak. Poultry Indonesia, Vol. VII., No. 75. Jakarta. 74 hlm.

Downloads

Published

2021-08-31