KEANEKARAGAMAN JENIS IKAN DI SUNGAI BATANG KURANJI KOTA PADANG

Authors

  • Aurelya Annisya Universitas Bung Hatta
  • Lisa Deswati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Sungai Batang Kuranji, Keanekaragaman, Kepadatan dan Kelimpahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengamati keanekaragaman jenis ikan di Sungai Batang Kuranji Kota Padang dan mengetahui faktor fisika dan kimia Sungai Batang Kuranji terhadap keanekaragaman jenis ikan. Metode penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Peubah yang digunakan yaitu kepadatan individu, kepadatan relatif, indeks keanekaragaman jenis (H’) dan indeks kelimpahan atau indeks dominasi (D’). Data yang diperoleh ditabulasikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil penelitian, jenis yang ditemukan termasuk kedalam 3 ordo, 6 famili dan 7 genus yaitu Tor douronensis, Osteochilus hasselti, Oreochromis niloticus, Siganus canaliculatus, Lutjanus fulviflamma, Caranx ignobilis dan Plectorhinchus gibbosus. Kepadatan individu tertinggi pada stasiun III yaitu spesies Lutjanus fulviflamma sebesar 0,87 sedangkan yang terendah pada stasiun I yaitu spesies Oreochromis niloticus sebesar 0,09. Kepadatan relatif tertinggi pada stasiun III yaitu spesies Lutjanus fulviflamma sebesar 47,54 % sedangkan yang terendah pada stasiun I yaitu spesies Tor douronensis sebesar 0,5 %. Indeks keanekaragaman (H’) ikan pada stasiun I sebesar 0,95, stasiun II sebesar 0,96 dan stasiun III sebesar 1,24 dengan kriteria rendah hingga sedang. Indeks kelimpahan (indeks dominasi) pada stasiun I sebesar 0,041, stasiun II sebesar 0,045 dan stasiun III sebesar 0,021 yang dikategorikan subdominan.

References

Topografi dan Sungai-sungai di Kota Padang. 2008. Diakses pada 23 Agustus 2021, Dari https://www.padang.go.id/index.php?/v2/content/view/3116/180/

Juita E. Studi Kualitas Dan Penetapan Daya Tampung Beban Pencemaran Sungai Batang Kuranji. Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI. Sumatera Barat.

Downloads

Published

2021-08-31