PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PEMBELI SMARTPHONE MEREK SAMSUNG DI KOTA PADANG

Authors

  • Aan Maulani Universitas Bung Hatta
  • Irda Universitas Bung Hatta

Keywords:

Citra Merek, Word Of Mouthdan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis bagaimana pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian pada HP Samsung, (2) menganalisis bagaimana pengaruh citra merek terhadap word of mouthpada HP Samsung, (3) menganalisis bagaimana pengaruh word of mouthterhadap keputusan pembelian pada HP Samsung dan (4) menganalisis bagaimana word of mouth berpengaruh positif dalammemediasi hubungan antara citra merek dan keputusan pembelian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif danmenggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. populasi adalah Pengguna Smartphone Merek HP Samsung di Kota Padang dan sampel 60 orang. Data diolah dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Koefisien jalur X1 sebesar 0,221 artinya citra merekmemiliki pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian pada HP Samsung di Kota Padang sebesar 0,221. (2) Hasil penelitian ditemukan terdapat pengaruh citra merek terhadap word of mouth pada hp samsung pada HP samsung di Kota Padang.Koefisien jalur X1 sebesar 0,781 artinya citra merek memiliki pengaruh langsung terhadap word of mouth sebesar 0,781. (3) Hasil penelitian ditemukan terdapat pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian. Koefisien jalur I sebesar 0,785 artinya word of mouthmemiliki pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian pada HP Samsung di Kota Padang sebesar 0,785 dan (4) Hasil penelitian ditemukan Terdapat pengaruh antara citra merekterhadap keputusan pembelian melalui word of mouth, besar pengaruhnya adalah 0,135 di Kota Padang.

References

(1) Kanuk, S. dan. (2017). Perilaku

Konsumen. Jakarta: PT. INDEK.

(2) Kotler, P. dan G. A. (2018).

Principles of Marketing. Edisi 15.

Pearson Pretice Hall, Inc.New Jersey.

(3) Sugiyono. (2011). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D

(XIII). Bandung: Alfabeta.

(4) (Top Brand Award, 2020). Sumber:

https://inet.detik.com/consumer/d5313831/ini-dia-5-top-brandsmartphone

-tahun-2020.

Downloads

Published

2022-03-06