PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION MENGGUNAKAN JASA BANK SYARIAH DI KOTA PADANG
Keywords:
Behavioral Intention, Religious Consequence, Religious Tolerance & Religious EnrichmentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh dimensi religiousitas terhadap behavioral intention nasabah menggunakan jasa bank syariah di Kota Padang. Target populasi yang digunakan adalah seluruh milenial yang aktif di Kota Padang, sedangkan sampel yang digunakan adalah 250 milenial di Kota Padang yang dipilih secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, melalui penyebaran kuesioner secara langsung kepada nasabah yang menjadi target sampel. Metde analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda (OLS) dan pengujian t-statistik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan religious consequence dan religious enrichment berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention menggunakan bank syariah pada milenial di Kota Padang, sedangkan religious tolerance tidak berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention nasabah menggunakan jasa bank syariah din Kota PadangReferences
Ahmad, A., -Rehman, K.-U., &
Safwan, N. (2011). Testing a model of
Islamic banking based on service quality,
customer satisfaction and bank performance.
African Journal of Business Management,
(5), 1880–1885.
https://doi.org/10.5897/AJBM10.982
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis
Multivariate dengan Program IMB SPSS 23
(Kedelapan). Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.
Kashif, M., Zarkada, A., &
Thurasamy, R. (2017). The moderating effect
of religiosity on ethical behavioural
intentions: An application of the extended
theory of planned behaviour to Pakistani
bank employees. Personnel Review 46(2),
–448. https://doi.org/10.1108/PR-10-
-0256
Mahesazzumar, R. (2022). The Analysis of
Factors Influencing Decision On The Use Of
Sharia Banking in Generation Z In Jakarta.
Indonesian Interdisciplinary Journal of
Sharia Economics, 5(2), 833–851.
https://medium.com/@arifwicaksanaa/penge
rtian-use-case-a7e576e1b6bf
Mohd Suki, N., & Abang Salleh, A.
S. (2018). Mediating effect of Halal image on
Muslim consumers’ intention to patronize
retail stores: Some insights from Malaysia.
Journal of Islamic Marketing, 9(2), 338–355.