PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION MENGGUNAKAN JASA BANK SYARIAH DI KOTA PADANG

Authors

  • Kevin Aprilio Joni Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Keywords:

Behavioral Intention, Religious Consequence, Religious Tolerance & Religious Enrichment

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh dimensi religiousitas terhadap behavioral intention nasabah menggunakan jasa bank syariah di Kota Padang. Target populasi yang digunakan adalah seluruh milenial yang aktif di Kota Padang, sedangkan sampel yang digunakan adalah 250 milenial di Kota Padang yang dipilih secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, melalui penyebaran kuesioner secara langsung kepada nasabah yang menjadi target sampel. Metde analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda (OLS) dan pengujian t-statistik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan religious consequence dan religious enrichment berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention menggunakan bank syariah pada milenial di Kota Padang, sedangkan religious tolerance tidak berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention nasabah menggunakan jasa bank syariah din Kota Padang

References

Ahmad, A., -Rehman, K.-U., &

Safwan, N. (2011). Testing a model of

Islamic banking based on service quality,

customer satisfaction and bank performance.

African Journal of Business Management,

(5), 1880–1885.

https://doi.org/10.5897/AJBM10.982

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis

Multivariate dengan Program IMB SPSS 23

(Kedelapan). Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Kashif, M., Zarkada, A., &

Thurasamy, R. (2017). The moderating effect

of religiosity on ethical behavioural

intentions: An application of the extended

theory of planned behaviour to Pakistani

bank employees. Personnel Review 46(2),

–448. https://doi.org/10.1108/PR-10-

-0256

Mahesazzumar, R. (2022). The Analysis of

Factors Influencing Decision On The Use Of

Sharia Banking in Generation Z In Jakarta.

Indonesian Interdisciplinary Journal of

Sharia Economics, 5(2), 833–851.

https://medium.com/@arifwicaksanaa/penge

rtian-use-case-a7e576e1b6bf

Mohd Suki, N., & Abang Salleh, A.

S. (2018). Mediating effect of Halal image on

Muslim consumers’ intention to patronize

retail stores: Some insights from Malaysia.

Journal of Islamic Marketing, 9(2), 338–355.

https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2017-0014

Downloads

Published

2023-03-04