PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Foods and Beverages Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022)

Authors

  • Aditya Geta Putra Universitas Bung Hatta
  • Listiana Sri Mulatsih Universitas Bung Hatta

Keywords:

Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Ukuran perusahaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan studi kasus pada perusahaan foods and beverages yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh dengan jumlah sampel 17 perusahaan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda menggunakan alat bantu EViews 12. Dari hasil penelitin ini didapatkan hasil nilai koefisien determinan sebesar 0,159522. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan mampu menjelaskan perubahan yang terjadi pada nilai perusahaan sebesar 15,9% dan sisanya sebesar 84,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil dari penelitian adalah profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan juga ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

References

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis

Multivariate Dengan Program IBM

SPSS 26 IBM" SPSS" Statistics ».

Harnilawati, Insiyanda, D. R., &

Indriasari, E. (2024). Metodologi

penelitian. Cendekia Publisher.

Lubis, Z. (2021). Statistika Terapan

untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Ekonomi.

Penerbit Andi.

Nazamuddin. (2020). Memahami

Makroekonomi Melalui Data dan Fakta.

Syiah Kuala University Press.

Purnomo, A. K. (2023). Statistika

Inferensial dan Kumpulan Soal. Nas

Media Pustaka.

Downloads

Published

2024-08-28