PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Foods and Beverages Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022)
Keywords:
Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Ukuran perusahaanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan studi kasus pada perusahaan foods and beverages yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh dengan jumlah sampel 17 perusahaan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda menggunakan alat bantu EViews 12. Dari hasil penelitin ini didapatkan hasil nilai koefisien determinan sebesar 0,159522. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan mampu menjelaskan perubahan yang terjadi pada nilai perusahaan sebesar 15,9% dan sisanya sebesar 84,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil dari penelitian adalah profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan juga ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.References
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis
Multivariate Dengan Program IBM
SPSS 26 IBM" SPSS" Statistics ».
Harnilawati, Insiyanda, D. R., &
Indriasari, E. (2024). Metodologi
penelitian. Cendekia Publisher.
Lubis, Z. (2021). Statistika Terapan
untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Ekonomi.
Penerbit Andi.
Nazamuddin. (2020). Memahami
Makroekonomi Melalui Data dan Fakta.
Syiah Kuala University Press.
Purnomo, A. K. (2023). Statistika
Inferensial dan Kumpulan Soal. Nas
Media Pustaka.
Downloads
Published
2024-08-28
Issue
Section
Executive Summary