PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND AWARENESS, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE BUKALAPAK DI KOTA PADANG
Keywords:
keputusan pembelian, social media marketing, brand awareness, price discountAbstract
Bukalapak adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Jika melihat dari peringkat pada data Top Brand Index Bukalapak masih berada dibawah pesaingnya. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh social media marketing, brand awareness, dan price discount terhadap keputusan pembelian pada marketplace Bukalapak di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden pada penelitian ini yaitu masyarakat Kota Padang yang pernah melakukan pembelian di marketplace Bukalapak sebanyak 100 responden. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data di analisis menggunakan Stastitical Program for Social Science (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan variabel social media marketing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, variabel brand awareness tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan variabel price discount berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.References
Arif., M. (2021). Pengaruh Social Media
Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan
lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online.
SiNTESa Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial
Dan Humaniora, 1(1), 111– 122.
Made, N., Dewi, P., Imbayani, G. A., Ribek, P. K.,
Ekonomi, F., Universitas, B., & Denpasar, M. (2021).
Pengaruh Social Media Marketing Terhadap
Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word of
Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Jurnal EMAS,
(2), 28–42. Retrieved from www.validnews.id,
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand
Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan
Pembelian, 4, 39–50.
Azam, M. C., & Sukandani, H. Y. (2020). ISSN :
-8607 Pengaruh Kualitas Produk , Price discount
dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk
Handphone Oppo di Terminal Phone Plaza Marina
Surabaya This study aims to see the effect of product
quality , price discounts and promotions on purc, 1(1),
–515