PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND AWARENESS, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE BUKALAPAK DI KOTA PADANG

Authors

  • Azizah Juwita Handrus Universitas Bung Hatta
  • Azizah Juwita Handrus Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Keywords:

keputusan pembelian, social media marketing, brand awareness, price discount

Abstract

Bukalapak adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Jika melihat dari peringkat pada data Top Brand Index Bukalapak masih berada dibawah pesaingnya. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh social media marketing, brand awareness, dan price discount terhadap keputusan pembelian pada marketplace Bukalapak di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden pada penelitian ini yaitu masyarakat Kota Padang yang pernah melakukan pembelian di marketplace Bukalapak sebanyak 100 responden. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data di analisis menggunakan Stastitical Program for Social Science (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan variabel social media marketing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, variabel brand awareness tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan variabel price discount berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

References

Arif., M. (2021). Pengaruh Social Media

Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan

lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online.

SiNTESa Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial

Dan Humaniora, 1(1), 111– 122.

Made, N., Dewi, P., Imbayani, G. A., Ribek, P. K.,

Ekonomi, F., Universitas, B., & Denpasar, M. (2021).

Pengaruh Social Media Marketing Terhadap

Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word of

Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Jurnal EMAS,

(2), 28–42. Retrieved from www.validnews.id,

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand

Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan

Pembelian, 4, 39–50.

Azam, M. C., & Sukandani, H. Y. (2020). ISSN :

-8607 Pengaruh Kualitas Produk , Price discount

dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Handphone Oppo di Terminal Phone Plaza Marina

Surabaya This study aims to see the effect of product

quality , price discounts and promotions on purc, 1(1),

–515

Downloads

Published

2024-08-29