PENGARUH KESADARAN MEREK, CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKET PLACE TOKOPEDIA DI KOTA PADANG

Authors

  • Satria Catur Yoanda Universitas Bung Hatta
  • Purbo Jadmiko Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kesadaran Merek, Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran merk, citra merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 113 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda (OLS) sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-statistik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan kesadaran merek dan citra merek secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada market place Tokopedia di Kota Padang. Temuan yang diperoleh mengisyaratkan semakin kuat tingkat kesadaran merek dan citra merek maka akan memperkuat keputusan pembelian konsumen melalui marketplace Tokopedia di Kota Padang

References

N. P. I. Pradnyaswari and N. M. A. Aksari,

“E-Satisfaction Dan E-Trust Berperan

Dalam Memediasi Pengaruh E-Service

Quality Terhadap E-Loyalty Pada Situs ECommerce Blibli.Com,” E-Jurnal Manaj.

Univ. Udayana, vol. 9, no. 7, p. 2683,

, doi:

24843/ejmunud.2020.v09.i07.p11.

P. Kotler and K. L. Keller, Marketing

Management, 14th Edition, vol. 22, no. 4.

doi: 10.1080/08911760903022556.

P. Kotler and K. L. Keller, Marketing

Management, vol. 15E, no. 4. 2016. doi:

1080/08911760903022556.

N. Islahiyah and A. P. Utama, “Influence of

Brand Awareness, Brand Image, and Trust

Against Kopi Kenangan Purchasing

Decisions in West Jakarta,” J. Ilm. Manaj.

dan Bisnis, vol. 9, no. 3, p. 341, 2023, doi:

22441/jimb.v9i3.21710.

Y. S. Maulana, M. Marista, D. S. Nurjanah,

and D. Hadiani, “The Effect Of Brand

Image and Brand Trust On Oppo

Cellphones Purchase Decision In Banjar

City,” Bus. Manag. J., vol. 8, no. 2, pp. 214

– 225, 2021.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017).

Research Methods For Business.

Salemba Empat.

C. Hou and P. Wonglorsaichon, “the

Relationship Among Brand Awareness,

Brand Image, Perceived Quality, Brand

Trust, Brand Loyalty and Brand Equity of

Customer in China’S Antivirus Software

Industry,” UTCC Int. J. Bus. Econ., vol. 8,

no. 1, pp. 153–170, 2016,

Downloads

Published

2024-08-29