PENGARUH KESADARAN MEREK, CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKET PLACE TOKOPEDIA DI KOTA PADANG
Keywords:
Kesadaran Merek, Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran merk, citra merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 113 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda (OLS) sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-statistik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan kesadaran merek dan citra merek secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada market place Tokopedia di Kota Padang. Temuan yang diperoleh mengisyaratkan semakin kuat tingkat kesadaran merek dan citra merek maka akan memperkuat keputusan pembelian konsumen melalui marketplace Tokopedia di Kota PadangReferences
N. P. I. Pradnyaswari and N. M. A. Aksari,
“E-Satisfaction Dan E-Trust Berperan
Dalam Memediasi Pengaruh E-Service
Quality Terhadap E-Loyalty Pada Situs ECommerce Blibli.Com,” E-Jurnal Manaj.
Univ. Udayana, vol. 9, no. 7, p. 2683,
, doi:
24843/ejmunud.2020.v09.i07.p11.
P. Kotler and K. L. Keller, Marketing
Management, 14th Edition, vol. 22, no. 4.
doi: 10.1080/08911760903022556.
P. Kotler and K. L. Keller, Marketing
Management, vol. 15E, no. 4. 2016. doi:
1080/08911760903022556.
N. Islahiyah and A. P. Utama, “Influence of
Brand Awareness, Brand Image, and Trust
Against Kopi Kenangan Purchasing
Decisions in West Jakarta,” J. Ilm. Manaj.
dan Bisnis, vol. 9, no. 3, p. 341, 2023, doi:
22441/jimb.v9i3.21710.
Y. S. Maulana, M. Marista, D. S. Nurjanah,
and D. Hadiani, “The Effect Of Brand
Image and Brand Trust On Oppo
Cellphones Purchase Decision In Banjar
City,” Bus. Manag. J., vol. 8, no. 2, pp. 214
– 225, 2021.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017).
Research Methods For Business.
Salemba Empat.
C. Hou and P. Wonglorsaichon, “the
Relationship Among Brand Awareness,
Brand Image, Perceived Quality, Brand
Trust, Brand Loyalty and Brand Equity of
Customer in China’S Antivirus Software
Industry,” UTCC Int. J. Bus. Econ., vol. 8,
no. 1, pp. 153–170, 2016,