PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN RATING KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA HP MEREK SAMSUNG GALAXY SERIES DI SHOPEE

Authors

  • Muhammad Lathif Universitas Bung Hatta
  • Sefnedi Sefnedi Universitas Bung Hatta

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan rating konsumen terhadap minat beli dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu semua masyarakat yang berminat membeli Hp Merek Samsung Galaxy Series di Shopee yang berjumlah sebanyak 95 responden. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode uji validitas dan realibilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini yang dibantu dengan SPSS 26 dan Smart-PLS 3. Hasil penelitian ini menunjukan variabel electronic word of mouth tidak berpengaruh positif terhadap minat beli, variabel rating konsumen berpengaruh positif terhadap minat beli, electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen, variabel rating konsumen berpengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen, variabel kepercayaan konsumen berpengaruh positif terhadap minat beli. Hasil lainnya yaitu variabel kepercayaan konsumen memediasi hubungan antara electronic word of mouth dan minat beli dan kepercayaan konsumen memediasi hubungan antara rating konsumen dan minat beli.

References

N. Setiawaty, “Pengaruh Iklan, Citra Merek,

Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli

Konsumen Smartphone Samsung Galaxy

Series (Studi Kasus Mahasiswa/I Universitas

Gunadarma, Depok),” J. Ilm. Ekon. Bisnis,

vol. 22, no. 1, pp. 47–56, 2017.

P. Kotler and Keller, Manajemen Pemasaran.

Jakarta: Erlangga, 2009.

Subhan, P. K. Ode, and I. Hidayanti,

“Pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM)

Terhadap Minat Beli Pada Masker

Axis-Y Mugwort Pore Clarifying Wash Off

Pack Dengan Brand Image Sebagai Variabel

Mediasi (Studi Kasus Pengguna TikTok),” J.

Mitra Manaj., vol. 6, no. 3, pp. 141–153,

, doi: 10.52160/ejmm.v6i3.601.

I. I. Harli, A. Mutasowifin, and M. S.

Andrianto, “Pengaruh Online Consumer Review dan Rating terhadap Minat Beli

Produk Kesehatan pada E-Marketplace Shopee

Selama Masa Pandemi COVID-19,” INOBIS

J. Inov. Bisnis dan Manaj. Indones., vol. 4,

no. 4, pp. 558–572, 2021, doi: 10.31842/

jurnalinobis.v4i4.205.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung: CV AFABETA

, 2013.

J. F. Hair, W. C. Black, B. J. Babin, and R. E.

Anderson, Multivariate Data Analysis: A

Global Perspective (7th ed.). New Jersey:

Pearson Education, 2014.

Downloads

Published

2024-09-01