PENGARUH ORIENTASI PASAR, KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus Pada UMKM Kerajinan Di Kota Padang)
Keywords:
Kinerja pemasaran,orientasi pasar, kualitas produk, inovasi produk, IBM SPSS 27Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan seberapa pengaruh orientasi pasar, kualitas produk dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kerajinan di Kota Padang. Studi empiris ini dilakukan untuk orientasi pasar, kualitas produk dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kerajinan di Kota Padang. Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menguji tiga hipotesis melalui survei yang menggunakan skala likert lima poin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diperoleh dari 104 responden UMKM kerajinan di Kota Padang. Kuisioner yang disebarkan secara langsung ke sekuruh kota Padang yang digunakan untuk mengumpulkan data. Metode yang digunakan adalah pengujian instrument penelitian dan pengujian regresi linear berganda menggunakan Software IBM SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kerajinan di Kota Padang sedangkan inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kerajinan di Kota Padang .References
Satria, Y., & Irda, I. (2023). Pei
ngarui
h Oriei
ntasi
Pasar Dan Kei
ui
nggui
lan Bei
rsaing Tei
rhadap
Kinei
rja Pei
masaran Ui
mkm Kui
linei
r Di Kota
Padang (Stui
di Kasui
s Pada Ui
mkm Kui
linei
r Saji
Di Kota Padang). Abstract Of Ui
ndei
rgradui
atei
Rei
sei
arch, Facui
lty Of Ei
conomics, Bui
ng Hatta
Ui
nivei
rsity, 22(2), 1-2
Slovin, M. . (1960). sampling. Simon And
Schuster Inc.
Sui
giyono. (2013). Mei
todei
Pe i
ne i
litian
Kui
antitatif, Kui
alitatif, dan R&D.
Ghozali, Imam. (2016). "Desain penelitian
kuantitatif dan kualitatif: untuk akuntansi,
bisnis, dan ilmu sosial lainnya.
Sarjita. 2017. Pengaruh Orientasi Pasar Dan
Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran
Pada Sentra Industri Kecil Pembuatan Bakpia Di
Kabupaten Bantul. JBMA – Vol. IV, No. 2, Hal.
http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/a
rticle/view/64. Diakses 21 Desember 2017
Wui
lan Maui
lidiyah dan Tri Sui
darwanto,
“Pe i
ngarui
h Orie i
ntasi Pasar dan Kui
alitas Produi
k
Te i
rhadap Kine i
rja Pe i
masaran Home i
Indui
stry
Ke i
rui
dui
ng Kabui
pate i
n Gre i
sik”, Pe i
ndidikan Tata
Niaga, Vol. 10 No.1, (2022)
Le i
wangka, Oe i
sman, and Andi Mappatompo.
"Pe i
ngarui
h Promosi dan Inovasi Produi
k
Te i
rhadap Kine i
rja Pe i
masaran Me i
lalui
i Citra
Me i
re i
k Pada Ui
MKM Pakaian Mui
slimah di Kota
Makassar." Jui
rnal Ilmiah Mui
ltidisiplin
Amsir 1.2 (2023): 322-332.