PENGARUH ORIENTASI PASAR, KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus Pada UMKM Kerajinan Di Kota Padang)

Authors

  • Muhammad Rifqi Fathin Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kinerja pemasaran,orientasi pasar, kualitas produk, inovasi produk, IBM SPSS 27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan seberapa pengaruh orientasi pasar, kualitas produk dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kerajinan di Kota Padang. Studi empiris ini dilakukan untuk orientasi pasar, kualitas produk dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kerajinan di Kota Padang. Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menguji tiga hipotesis melalui survei yang menggunakan skala likert lima poin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diperoleh dari 104 responden UMKM kerajinan di Kota Padang. Kuisioner yang disebarkan secara langsung ke sekuruh kota Padang yang digunakan untuk mengumpulkan data. Metode yang digunakan adalah pengujian instrument penelitian dan pengujian regresi linear berganda menggunakan Software IBM SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kerajinan di Kota Padang sedangkan inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kerajinan di Kota Padang .

References

Satria, Y., & Irda, I. (2023). Pei

ngarui

h Oriei

ntasi

Pasar Dan Kei

ui

nggui

lan Bei

rsaing Tei

rhadap

Kinei

rja Pei

masaran Ui

mkm Kui

linei

r Di Kota

Padang (Stui

di Kasui

s Pada Ui

mkm Kui

linei

r Saji

Di Kota Padang). Abstract Of Ui

ndei

rgradui

atei

Rei

sei

arch, Facui

lty Of Ei

conomics, Bui

ng Hatta

Ui

nivei

rsity, 22(2), 1-2

Slovin, M. . (1960). sampling. Simon And

Schuster Inc.

Sui

giyono. (2013). Mei

todei

Pe i

ne i

litian

Kui

antitatif, Kui

alitatif, dan R&D.

Ghozali, Imam. (2016). "Desain penelitian

kuantitatif dan kualitatif: untuk akuntansi,

bisnis, dan ilmu sosial lainnya.

Sarjita. 2017. Pengaruh Orientasi Pasar Dan

Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran

Pada Sentra Industri Kecil Pembuatan Bakpia Di

Kabupaten Bantul. JBMA – Vol. IV, No. 2, Hal.

http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/a

rticle/view/64. Diakses 21 Desember 2017

Wui

lan Maui

lidiyah dan Tri Sui

darwanto,

“Pe i

ngarui

h Orie i

ntasi Pasar dan Kui

alitas Produi

k

Te i

rhadap Kine i

rja Pe i

masaran Home i

Indui

stry

Ke i

rui

dui

ng Kabui

pate i

n Gre i

sik”, Pe i

ndidikan Tata

Niaga, Vol. 10 No.1, (2022)

Le i

wangka, Oe i

sman, and Andi Mappatompo.

"Pe i

ngarui

h Promosi dan Inovasi Produi

k

Te i

rhadap Kine i

rja Pe i

masaran Me i

lalui

i Citra

Me i

re i

k Pada Ui

MKM Pakaian Mui

slimah di Kota

Makassar." Jui

rnal Ilmiah Mui

ltidisiplin

Amsir 1.2 (2023): 322-332.

Downloads

Published

2024-09-02