PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Prof. Dr.Hamka, KM 1,4, Air Tawar, Padang)

Authors

  • M. Ghazi Al Ghifari Universitas Bung Hatta
  • Eko Prayitno Universitas Bung Hatta

Abstract

Putaran Balik (U-Turn) adalah gerak lalu lintas kendaraan untuk berputar kembali atau berbelok 180° yang memiliki pengaruh terhadap kecepatan kendaraan dan arus lalu lintas kendaraan dalam arah yang sama. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu tundaanIdan panjang antrian padaIfasilitas U-TurnItersebut. Analisis data pada Proyek Akhir adalah Pedoman Perencanaan Putar Balik (U-Turn) 06/BM/2005 dan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023. Berdasarkan hasil survei, didapatkan volume lalu lintas puncak jam sibuk pada hari rabu pukul 16.45-17.45 WIB pada jalur kiri (Padang-bukit Tinggi) sebesar 1796,90 SMP/jamIdanIhariIseninIpukul 07.45-08.45IWIB pada jalur kanan (Bukit Tinggi-Padang) sebesar 1788 SMP/jam, volume putar balik padaIhariIseninIpukulI17.00- 18.00 WIBIsebesar 477,75ISMP/jam,Ididapatkan waktuItundaanIpadaIjamIsibukIpada hari rabu pukul 16.45-17.45 WIBIsebesar 6,64 detik, dan panjang antrian yang didapatkan padaIhari rabu pukulI16.45-17.45 WIBIsebesar 5,46 meter. Kata kunci : Kinerja Ruas Jalan, PKJI 2023, U-Turn, Panjang Antrian, Waktu Tundaan

Downloads

Published

2024-11-25