ANALISIS KAPASITAS PROFIL GELAGAR JEMBATAN PCI GIRDER MENGGUNAKAN SOFTWARE MIDAS CIVIL 2022 (Studi Kasus : Jembatan Krueng Nalan, Aceh)
Abstract
Be$rdasarkan UU NO. 38 Tahun 2004 bahwa jalan dan je$mbatan me$rupakan bagian dari siste$m transportasi nasional me$mpunyai pe$ranan krusial te$rutama me$ndukung se$ktor e$konomi, sosial dan budaya, se$rta lingkungan yang dike$mbangkan me$lalui pe$nde$katan pe$nge$mbangan wilayah untuk me$ncapai ke$se$imbangan dan pe$me$rataan pe$mbangunan di be$rbagai dae$rah. Je$mbatan Krue$ng Nalan te$rle$tak pada ruas Jalan Pidie$-Bire$ue$n, Provinsi Ace$h. Struktur je$mbatan harus mampu me$nahan be$ban be$rat se$ndiri, be$ban ke$ndaraan, dan tahan te$rhadap lingkungan se$pe$rti air sungai, cuaca e$kstre$m, dan ge$mpa bumi. Pe$ne$litian ini me$miliki tujuan untuk me$nge$tahui pe$ngaruh be$ban te$rhadap ke$kuatan struktur ge$lagar je$mbatan PCI. Pe$ne$litian ini me$nggunakan me$tode$ gaya-gaya dalam dan le$ndutan ijin. Pe$rhitungan pe$mbe$banan je$mbatan be$rdasarkan SNI 1725-2016 dipe$role$h nilai MS 7497,64 kN, MA 572,4 kN, WBTR 14,40 kN/m, PBGT 144,06 kN, TB 40,28 kN, TP 56,25 kN, E$Ws 4,97 kN/m, E$WL 3,003 kN/m. Pe$mbe$banan je$mbatan te$rhadap pe$ngaruh ge$mpa be$rdasarkan SNI 2833-2016 dipe$role$h nilai As 0,361, SDs 0,849, SD1 0,689, Ts 0,811, dan T0 0,162. Pe$mode$lan je$mbatan dan analisis struktur me$nggunakan software$ MIDAS CIVIL 2022. Se$hingga dipe$role$h hasil nilai mome$n ultimit 11949,8031 kNm, ge$se$r 1058,7811 kN, torsi 188,9203 kNm, dan le$ndutan 0,0586 m. Ke$kuatan struktur atas Je$mbatan Krue$ng Nalan me$nghasilkan le$ndutan yang me$me$nuhi pe$rsyaratan RSNI T12-2004 Pasal 9.2.1 yaitu le$ndutan maksimal harus le$bih ke$cil dari 1/250 be$ntang. Kata Kunci : Jembatan, Gelagar PCI, Kekuatan Struktur, MIDAS CIVIL 2022Downloads
Published
2025-05-07
Issue
Section
Articles