PENGARUH MEDICAL CARE QUALITY DAN MEDICAL RECORD KEEPING TERHADAP LOYALITAS PASIEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PUSKESMAS ANDALAS PADANG

Authors

  • Das Endresva Dewi
  • Zaitul .
  • Abdi Setia Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah Medical Care Quality memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Andalas Padang. (2) Apakah Medical Record Keeping memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Andalas Padang. (3) Apakah Medical Care Quality memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien pada Puskesmas Andalas Padang. (4) Apakah Medical Record Keeping memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien pada Puskesmas Andalas Padang. (5) Apakah kepuasan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien pada Puskesmas Andalas Padang. (6) Apakah Medical Care Quality memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien dengan kepuasan sebagai variabel mediasi pada Puskesmas Andalas Padang. Dan (7) Apakah Medical Record Keeping memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien dengan kepuasan sebagai variabel mediasi pada Puskesmas Andalas Padang. Sampel dalam penelitian ini merupakan seluruh pasien pada Puskesmas Andalas Padang sebanyak 100 orang pasien. Penelitian ini menggunakan beberapa metode analisis, yakni analisis deskriptif, regresi linier berganda, regresi linier sederhana, regresi linier bertingkat dan pengujian hipotesis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: (1) Medical Care Quality berpengaruh positif karena sinigfikan terhadap Kepuasan pada pasien di Puskesmas Andalas Padang. (2) Medical Record Keeping berpengaruh positif karena senigfikan kepuasan pada pasien di Puskesmas Andalas Padang. (3) Medical Care Quality berpengaruh positif dengan Loyalitas pada pasien di Puskesmas Andalas. (4) Medical Record Keeping berpengaruh positif terhadap loyalitas pada pasien di Puskesmas Andalas Padang. (5) Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas pada pasien di Puskesmas Andalas Padang. (6) Medical Care Quality masih berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pasien karena nilai signifikannya lebih besar dari 0,05. Hal ini berarti bahwa Kepuasan Pasien berperan sebagai sebagai variabel intervening (partial intervening) antara Medical Care Quality dan Loyalitas Pasien. (7) Medical Record Keeping berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pasien karena nilai signifikannya lebih besar dari 0,05. Hal ini berarti bahwa Kepuasan Pasien berperan sebagai sebagai variabel intervening (full intervening) antara Medical Record Keeping dan Loyalitas Pasien.
Kata kunci: Medical Care Quality, Medical Record Keeping, Kepuasan, dan Loyalitas

Published

2017-07-13