PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN KEPALA DAERAH, PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH DI SUMATERA

Authors

  • Fitriana Ayu
  • Zaitul .
  • Yunilma .

Abstract

Keuangan pemerintah daerah otonomi telah menjadi isu strategis di Indonesia. Oleh karena itu, studi tentang keuangan pemerintah daerah otonomi merupakan aspek penting dari manajemen keuangan publik. Lebih jauh lagi, penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah fokus dari variabel mempengaruhi otonomi ini. Beberapa variabel keuangan dan pemimpin adalah karakteristik dari pemerintah daerah. Diterapkan untuk melihat apakah variabel ini berpengaruh kepada kemandirian keuangan daerah, dengan menggunakan 110 pemerintah daerah di pulau Sumatera. Studi ini menemukan bahwa latar belakang pendidikan kepala daerah tidak mempengaruhi tingkat kemandirian keuangan daerah, pendapatan asli daerah memiliki dampak yang signifikan pada kemandirian keuangan daerah, dana alokasi umum tidak mempengaruhi kemandirian keuangan daerah, dana alokasi khusus mampu mempengaruhi secara signifikan kemandirian keuangan daerah.
Kata Kunci: Latar belakang pendidikan, PAD, DAU, DAK, Kemandirian Keuangan Daerah

References

Ahmad Syakir, Kurnia. 2005. Data Envelopment Analysis untuk pengukuran efisiensi. Modul Workshop Alat Analisis Magister Ilmu Ekonomi dan studi Pembangunan. UNDIP Semarang.

Asha, Florida. 2006. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten dan Kota di Propinsi Sumatera Utara, Tesis, Program Pascasarjana USU, Medan (tidak dipublikasikan).

Ayu, Rifana. 2007. Analisis Pengaruh DAU terhadap Kemandirian Keuangan Daerah dalam Era Otonomi Daerah (Studi kasus pada Pemerintah Daerah/Kota Provinsi Sumatera Utara, Skripsi, Universitas Sumatera Utara, Medan, (tidak dipublikasikan).

Becker. B, and Gerhard. B. 1996. The Impact Resources Management on Organizational Performance: Progress and Perspect. “Academy of Management Journal”. 39 (4): 779-801.

Cohen, A. 1993. organizational Commitment and Turnover: A meta-analysis.” Academy of Management Journal”, 36:140-157.

Published

2016-01-04