PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED, MARKET VALUE ADDED DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2009 – 2013
Abstract
Dalam melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari : 1)Economic value added, terhadap return saham.2) Pengaruh Market value added terhadap return
saham. 3) Pengaruh dan Manajemen Laba terhadap return saham. Populasi yang digunaka dalam
penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) selama
lima tahun berturut turut, yaitu tahun 2009 – 2013. Sampel total berjumlah 34 perusahaan. Metode
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Poolled least Square dengan program Eviews 6.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : a) Economic Value Added berpengaruh terhadap return saham, b)
Market Value Added berpengaruh terhadap return saham, c) manajemen laba juga berpengaruh terhadap
return saham.
Kata Kunci : Ecconomc Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), Manajemen Laba, Return
Saham
References
Anonim.2005.Financial Value Added :Suatu
ParadigmaDalam Pengukuran inerjadan
Nilai Tambah Perusahaan. Jurnal
Akuntansi dan Keuangan.Vol.1 No.1.
Hal.1-10
Baridwan, ZakydanAryLegowo. 2002. Asosiasi
Antara Economic Value Added (EVA),
Market Value Added (MVA)
danRasioProfitabilitasTerhadapHargaS
aham. Tema.Vol III. September.
Darmadji.T dan Handy. M. F. 2011. “Pasar
Modal di Indonsia”, Edisi 3, Jakarta:
SalembaEmpat.
Eugene F. Brigham dan Joel F. Houston,
“MANAJEMEN KEUANGAN”,
Edisi 8, Buku 2,Jakarta.
Ghozali, Imam danIrwansyah. 2002.
AnalisisPengaruhKinerjaKeuangan
Perusahaan
DenganAlatUkur EVA, MVA dan ROA
Terhadap Return SahamPada
Perusahaan Manufaktur Di BEJ.
JurnalPenelitianAkuntansiBisnisdanMa
najemen. Vol.9, No.1
Downloads
Published
2016-01-15
Issue
Section
Articles