PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED, MARKET VALUE ADDED DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2009 – 2013

Authors

  • Dewi Vusvita
  • Dwi Fitri Puspa
  • Rika Desiyanti

Abstract

Dalam melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari : 1)
Economic value added, terhadap return saham.2) Pengaruh Market value added terhadap return
saham. 3) Pengaruh dan Manajemen Laba terhadap return saham. Populasi yang digunaka dalam
penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) selama
lima tahun berturut turut, yaitu tahun 2009 – 2013. Sampel total berjumlah 34 perusahaan. Metode
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Poolled least Square dengan program Eviews 6.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : a) Economic Value Added berpengaruh terhadap return saham, b)
Market Value Added berpengaruh terhadap return saham, c) manajemen laba juga berpengaruh terhadap
return saham.
Kata Kunci : Ecconomc Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), Manajemen Laba, Return
Saham

References

Anonim.2005.Financial Value Added :Suatu

ParadigmaDalam Pengukuran inerjadan

Nilai Tambah Perusahaan. Jurnal

Akuntansi dan Keuangan.Vol.1 No.1.

Hal.1-10

Baridwan, ZakydanAryLegowo. 2002. Asosiasi

Antara Economic Value Added (EVA),

Market Value Added (MVA)

danRasioProfitabilitasTerhadapHargaS

aham. Tema.Vol III. September.

Darmadji.T dan Handy. M. F. 2011. “Pasar

Modal di Indonsia”, Edisi 3, Jakarta:

SalembaEmpat.

Eugene F. Brigham dan Joel F. Houston,

“MANAJEMEN KEUANGAN”,

Edisi 8, Buku 2,Jakarta.

Ghozali, Imam danIrwansyah. 2002.

AnalisisPengaruhKinerjaKeuangan

Perusahaan

DenganAlatUkur EVA, MVA dan ROA

Terhadap Return SahamPada

Perusahaan Manufaktur Di BEJ.

JurnalPenelitianAkuntansiBisnisdanMa

najemen. Vol.9, No.1

Published

2016-01-15