PENGARUH DEVIDEN DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Jennisa Dwina Indriani

DOI:

https://doi.org/10.37301/jmubh.v15i1.15914

Abstract

Abstrak.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Deviden dan Earning Per Share terhadap Harga Saham. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah 14 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder
berupa 14 Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017 yang sudah di publikasikan, dengan metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan hasil yaitu, baik secara parsial maupun secara bersama-sama deviden dan earning pershare berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia.


Kata kunci: Deviden, EPS, Harga saham

References

Baridwan, Zaki. (2004). Intermediate accounting. Edisi.

Brigham, J. F. W. dan E.F. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga

Darmadji Tjipto dan Hendry, (2006). Pasar Modal di Indonesia, Salemba Emapat, Jakarta.

Dwiwulandari, Amalia, (2012). Pengaruh Dividend Per Share, Solvabilitas, Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Fakultas Ekonomi, Universitas Sili Wangi.

Eduardus Tandelilin, (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio Edisi Pertama, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Fahmi, I. & Hadi (2009). Analisis Kinerja Keuangan, Panduan bagi Akademis,Manajer dan Investor untuk menilai dan menganalisis bisnis dari aspek keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Halim, A (2003). Analisis Investasi. Salemba Empat, 2.

Hartono, Jogiyanto. (2008). Teori Portofollio dan Analisis Investasi, Edisi kelima. Yogyakarta: BPEE

Herlina, (2008), Pengaruh Dividend Per Share dan Return On Equity Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Food And Beverages Di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi,Universitas Riau.

Indri Martati, Reny, (2010). Analisis Variabel-Variabel Yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Harga Saham Perusahaan Yang Tergabung Di Jakarta Islamic Index (JII), Fakultas Ekonomi, UIN Maulana Malik Ibrahim.

Intan, Taranika, (2009). Pengaruh Dividend Per Share dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Go Public Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Universitas Sumatra Utara, Medan.

Kamarudin, A. (2001). Dasar-dasar Manajemen Investasi dan Portofolio, edisi revisi, cetakan kedua. PT Asdi Mahasatya.

Kasmir. (2008). Analisis laporan keuangan. Jakarta: rajawali pers

Kuncoro, Mudrajad.2009. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Penerbit. Erlangga. Jakarta. Kotler, P.

Novia Sari, R. (2003). Pengaruh Deviden dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Novriyanti Tadi, Yetty, (2008). Pengaruh Earning Per Share dan Dividen Per Share Terhadap Perubahan Harga Saham Sebelum dan Setelah Stock Split Pada Perusahaan Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia (BEI), STIE Surabaya.

Oktario, Didik, (2011). Pengaruh Dividend Per Share, Solvabilitas, Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Riau.

Soemarso. (2005). Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi Revisi, Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono, (2007). Statistika Untuk Penelitian, Penerbitan Alfabeta : Bandung.

Susan Irawati. (2006). Manajemen Keuangan. Pustaka: Bandung.

Sutrisno, M. M. (2009). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi (cetakan ke). Yogyakarta: eksonia.

Tjiptono Darmadji dan Hendy. 2006. Pasar Modal Di Indonesia. Salemba Empat. Jakarta.

Published

2020-01-31