PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, EKUITAS MEREK, DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PASTA GIGI MEREK PEPSODENT DI KOTA PADANG

Authors

  • Selvi Yona Tamara Universitas Fort De Kock
  • Tri Andi Eka Putra Universitas Fort De Kock

DOI:

https://doi.org/10.37301/jmubh.v16i1.18326

Abstract

To compete with Pepsodent, several toothpaste manufacturers have adopted different strategies. One way is to use attractive packaging, low price, and quality. This study aims to investigate brand trust, brand equity, and price on consumer loyalty. The sampling technique used in this study was purposive sampling where the number of samples used was 138 people. Research respondents prove that brand trust has a positive and significant effect on loyalty. Brand equity has a positive and significant effect on loyalty. Price has a positive and significant effect on loyalty.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Astuti, Sri Wahjuni dan Cahyadi, I Gde. 2007.

“Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap RasaPercaya Diri Pelanggan Di Surabaya Atas Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda.” Majalah Ekonomi, Tahun XVII, No.2 Agustus 2007.

Buana, Faisal Rangga. 2011. Pengaruh Kepercayaan Merek, Presepsi Switching CostDan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas(Studi Kasus Pada Konsumen Pertamax Di Semarang). Jurnal Universitas Diponegoro Padang.

Durianto, Sugiarto dan Tony Sitinjak, 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam 2005. Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2002. Customer Loyalty How To earn it, How To Keep It I” Mc. Graw Hill, Kentucky.

--------------. 2005. Customer Loyalty : Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan pelanggan. Jakarta : Erlangga

Gujarati, Damodar. 2001. Ekonometrik Dasar.

Jakarta : Erlangga.

Harahap,Zera, Soegoto, Agus Supandi dan Rotinsulu, Jopie. J. 2014. Citra Merek,

Ekuitas Merek, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Indomie Dikecamatan Malalayang 1 Barat Manado. Jurnal EMBA Vol 2 No 2 Juni 2014, Hal 859-870.

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta

Istijanto. 2005. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2005. Principles Of Marketing (11th ed). New Jersey : Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. PenerbitPT Indeks.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1 & 2 Penerbit : Erlangga

Lau, Geok Then and Sook Han Lee. 1999. Consumer Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Juornal of Market Focused Management.

Lupiyoadi, Rambat dan A Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Malhotra K. N. 1933. Marketing Research an Applied Orientation, Second Edition Prentice Hall International Inc. New Jersey

Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. 2000. Consumer behavior : Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga

Rangkuti, Freddy. 2009. The Power of Brands Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek plus Analisis Kasus dengan SPSS. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Riana, Gede. 2008. Pengaruh Trust in A Brand Terhadap Brand Equality Pada Konsumen Air Minum Aqua di Kota Denpasar.Jurnal ISSN 1410-4628. Universitas Udayana, Denpasar.

Rofiq, Ainur, Nanang Suryadi, Nita NurFaidah. 2009. Peranan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Industri Telepon Seluler. The 3rd National Conference on Management Research, Bandung 5 November 2009. ISSN : 2086-0390

Santoso, Singgih. 2001. Buku Latihan SPSS. Edisi Kedua. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sarwono, Jonathan .2012. Metode Riset Skripsi

Pendekatan Kuantitatif : Menggunakan Prosedur SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sekaran, Uma. 2000.Reserch methods for Business. New York.

Selang, Christian A.D. 2013. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 71-80

Shihab, Muchsin Saggaff dan Ananto Sukendar. 2009. Pengaruh Brand Trust Dan Brand Equity Terhadap Loyalitas Konsumen Studi Kasus Produk Tes Widal Merek Remel. Jembatan – Jurnal Imiah Manajemen Bisnis Dan Terapan. Tahun VI No 2 Oktober 2009.

Sudarsono, Slamet. 2009. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Pra Bayar Mentari (study kasus pada mahasiswa universitas moch. Sroedji jember). Saintoch Vol 1 No 6 Juni 2009

Sudjana, 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono, 2003. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kelima. Bandung : Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori Kuesioner & Analisis Data untuk pemasaran dan perilakukonsumen. Edisi pertama, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi II. Jakarta: Penerbit Andi Yogyakarta

Umar, Husein. 2002. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : Rajawali Pers.

Zeithaml, V. A, Bitner, M.J. & Gremler, D.D. 2007. Service Marketing. New York : MCGraw-Hill/Irwi

Published

2021-01-29