PENGARUH MANFAAT, KEPERCAYAAN, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SUMATERA BARAT CABANG KOTO BARU, DHARMASRAYA

Authors

  • Jhon Fernos Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP, Padang, Indonesia
  • Mairizal Alfadino Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37301/jmubh.v16i2.19032

Abstract

This research aims to test the effect of benefits, trust, and ease of use on customer interests using mobile banking services at PT. West Sumatra Regional Development Bank Koto Baru Branch, Dharmasraya. The variables used in this study are bound variables i.e. customer interest (Y), and free variables consist of benefits (X1), trust (X2), and ease of use (X3). The type of data used in this study is quantitative data. The accumulation of data used in this study was primary data from questionnaires and using teknik slovin. Technical data analysis using classic assumption test, multiple linear regression analysis, and t test. The population in this study was a customer of PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Koto Baru Dharmasraya Branch, the sample in this study amounted to 148 respondents.The research data was collected from respondents' results and analyzed with liniear regression and hypothesis test. The results showed that the variable benefits did not have a positive and significant effect on customer interest with a t-count value of (1,138<1.665) dan untuk variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah dengan nilai t-hitung sebesar (25.426>1,655), furthermore for ease of use positive and significant effect on customer interest with a t-count value of (2,810>1,655).

References

Afghani, Moh. Faqih. 2016. “Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Risiko, Serta Kesadaran Nasabah Terhadap Adopsi e-Banking Di Bank BRI Surabaya.” Journal of Business and Banking 6 (1): 113–28. https://doi.org/10.14414/jbb.v6i1.

Fadhli, Muhammad. 2016. “Pengaruh Persepsi Nasabah Atas Risiko, Kepercayaan, Manfaat, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Internet Banking (Studi Empiris Pada Nasabah Bank Umum Di Kota Banda Aceh).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA) 1 (2): 264–76.

Fian, Junai Al. 2016. “Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 5 (6): 2461–0593.

Giga Bawa Laksana. 2015. “Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko Dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Rembang, Jawa Tengah).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 26 (2): 86309.

Handri, Muhammad Husni, and Jhon Fernos. n.d. “Pengaruh Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Mini Market Xmart Ulak Karang Padang Muhammad.” Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP.

Himawati, Rezza Resita, Fakultas Ekonomi, and D A N Bisnis. 2018. “Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking.”

Kholid, Fernanda Idham. 2018. “Analisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Nasabah Dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada PT Bank BNI Syariah KCP Magelang.” Jurnal Sains Ekonomi Dan Perbankan Syariah 8 (2): 49–57. http://journal2.um.ac.id/index.php/ekobis/article/view/2164.

Kurniawati, Hanif Astika. 2017. “Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi (Analysis.” E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi 4 (1): 24–29. https://doi.org/10.19184/ejeba.v4i1.4563.

Marlius, Doni. 2016. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh.” Jurmak 3 (1): 12–22.

Meiranto, Wahyu. 2012. “Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Dan Penggunaan Teknologi Pembayaran Elektronik Bergerak Dengan Menggunakan Model Utaut. (Studi Kasus Pada Teknologi M-Dinar Payment System) Abstract.” JURNAL AKUNTANSI 1 (1): 50–60.

Nasution, Mislah Hayati. 2015. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Internet Banking Factors Affecting The Interests Of Customers Of Internet Banking Mislah Hayati Nasution.” Jurnal Nisbah 1 (1): 62–73.

Ni Made Ari Puspita Dewi. 2016. “Peran Persepsi Kemudahan Penggunan, Persepsi Manfaat Dan Perspsi Resiko Terhadap Niat Menggunakan Mobile Banking.” E-Jurnal Manajemen Unud 5 (4): 2606–36.

Rahayu, Imam Sugih. 2015. “Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus PT Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta).” JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia) 5 (2): 150. https://doi.org/10.21927/jesi.2015.5(2).137-150.

Rahman, Abdul. 2017. “‘ Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Kemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Menggunakan Situs Jual Beli Online ’ ( Studi Kasus Pada Pengguna Situs Jual Beli ‘ Z ’).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 52 (1).

Rizal, Syamsul. 2017. “Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Menggunakan Mobile Banking ( M-Banking ) Pada Bank BCA Cabang Banda Aceh.” Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi (EMT) 1 (2): 68–78. Kepuasan Konsumen Menggunakan M-Banking, Bank BCA Cabang Banda Aceh.

Rizky, Nina. 2018. “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Dan Pengetahuan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Dalam Bertransaksi Pada Umkm Di Kecamatan Buleleng.” JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha 9 (2): 191–202.

Romadloniyah, Alifatul Laily. 2018. “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunaan E-Money Pada Bank Bri Lamongan.” Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi 3 (2): 699. https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i3.163.

Romdhoni, Abdul Haris. 2018. “Pengaruh Pengetahuan , Kualitas Pelayanan , Produk , Dan Religiusitas Terhadap Minat Nasabah Untuk Menggunakan Produk Simpanan Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 4 (02): 136–47.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Edited by Sofia Yustiani Suryandari. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, Heri. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Layanan Mobile Banking Heri.” Jurnal Keuangan Dan Perbankan 20 (3): 518–28.

W, Yudhi. 2015. “Pengaruhminat Individu Terhadap Penggunaanmobile Banking (M-Banking): Model Kombinasi Technologyacceptancemodel (Tam) Dan Theoryof PlannedBehavior (Tpb) Yudhi.” Jurnal Informasi VII (1): 25–44.

Published

2021-07-27