KUALITAS PELAYANAN, PRODUK DAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING UNTUK MELIHAT LOYALITAS KONSUMEN PENIKMAT COFFEE DI KOTA BUKITTINGGI

Authors

  • Andria Ningsih Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Eka Hendrayani Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Mike Triani Universitas Negeri Padang
  • Mustika Lukman Arief Akademi Maritim Sapta Samudra.

DOI:

https://doi.org/10.37301/jmubh.v17i1.19985

Abstract

Changes in consumer desires today have a lot of positive impacts on entrepreneurs, especially coffee shops. Sometimes people prefer to come just to enjoy just a drink according to the menu provided at the cafe. This study aims to determine the effect of service quality, product effect on promotion, whether the effect of service and product quality has a direct effect on consumer loyalty and service and product quality affect consumer loyalty through promotion. The population is consumers who often come to the cafe. Sampling using the technique of accidental sampling, the number of respondents as many as 100. The method of data collection using observation, and questionnaires, descriptive data analysis techniques, classical assumption test and path. The findings obtained are the quality of service and product quality have an effect on promotion, service quality has a direct effect on consumer loyalty, while the product has no effect on consumer loyalty through promotion. Although consumers do not pay attention to the quality of the products offered, the quality of taste should be maintained, so that new and old customers continue to come to visit the KOPIGO Bukittinggi cafe

 

References

Ananti, D. L. R., & Astuti, S. R. T. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. E-Journal Undip, 7, 1–10. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/22394/20536

Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i2.9647

Lestari, M. M., Lie, D., Halim, F., Putri, J. A., & Putra, L. A. (2021). Strategic : Journal of Management Sciences Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Bengkel Anugrah Perumnas Batu Enam Di era globalisasi saat ini , perkembangan otomotif semakin . 1(April).

Nuryanto, D. K. (2021). Pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. 2(oktober), 1–23.

Olivia, G. R., Bisnis, D. A., & Diponegoro, U. (n.d.). ( Studi pada konsumen Maybelline di Semarang ) Pendahuluan Pada era globalisasi , persaingan bisnis menjadi semakin tajam baik di pasar dilakukan oleh setiap perusahaan . Dengan menentukan strategi pemasaran yang tepat , diterima pelanggan dengan harapan . X(I), 742–752.

Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1404

Sari, R. M., & Aprileny, I. (2020). Pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan pelanggan dengan minat beli sebagai variabel intervening (Studi Kasus …. … Kepuasan Pelanggan Dengan Minat …, 1–22. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2396

Sugiyanto, & Robert Aprioman. (n.d.). 1. Pengaruh citra merek dan promosi terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada produk kantong plastik tomat, 4(2), 39–52.

Fandy Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction, Edisi Ke-4, CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Griffin, Jill. (2002). Customer Loyalty.Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016: Marketing Manajemen, 15th Edition New Jarsey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Ratih Hurriyati. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta. ANDI.

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner and D.D Gremler. 2013. Service Marketing:Integrating Customer Focus Across the Firm. 6e, Mc.Graw-Hill, Boston.

Published

2022-01-19